Jangan sembarangan, ini cara minum cuka apel yang benar

cara minum cuka apel

Cuka apel memang sudah menjadi sorotan sejak zaman dahulu tepatnya zaman yunani kuno, terutama karena khasiatnya untuk kesehatan dibidang pengobatan. Namun disamping itu cuka apel juga memiliki khasiat untuk kecantikan wajah sehingga kini makin di idolakan kehadirannya. Secara umum ada dua cara pemanfaatan cuka apel untuk kecantikan, yang pertama dengan cara diaplikasikan langsung pada wjah contohnya dengan menggunakannya sebagai masker atau toner dan yang kedua adalah dengan cara  mengkonsumsinya dengan cara diminum. Namun cara minum cuka apel tidak sembarangan ya, karena cuka apel memiliki tingkat asam yang tinggi.

Cuka apel adalah minuman yang diperoleh dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi ditambahkan ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain ragi, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter). karena diperoleh dari proses fermentasi panjang, cuka apel ini menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini menjadikan cuka memiliki manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri sehingga banyak masyarakat mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah.

cara minum cuka apel sebenarnya tidak susah, namun cara minum cuka apel memang harus memperhatikan beberapa hal. Hal yang paling penting dalam cara minum cuka apel adalah anda sangat tidak disarankan untuk langsung meminum cuka apel tanpa dilarutkan dalam air terlebih dahulu. Kenapa? Karena cuka apel memiliki sifat yang sngat asam, jika tidak Anda campur dengan air, cuka apel malah bisa melukai tenggorokan Anda. Hal ini yang mendasari kenapa kita harus mengetahui cara minum cuka apel yang benar. Yang kedua sifat asamnya juga berbahaya untuk kesehatan gigi karena dapat mengikis lapisan enamel gigi, hal ini akan menyebabkan gigi Anda gampang keropos sehingga hal ini yang membuat kita harus benar-benar memperhatikan cara minum cuka apel yang benar.

Baca Juga :  Nih, Rekomendasi Gemes Maskara Wardah dan Harganya!

cara minum cuka apel yang benar juga bisa kita ketahui dengan cara perbandingan, yaitu Perbandingan cuka apel dan air setidaknya 1 berbanding 10. Jika Anda menggunakan 1 sendok makan cuka apel, campurkan dengan 10 sendok makan air putih. cara minum cuka apel juga dianjurkansetidaknya 1 sampai 2 sendok makan per harinya. Hal ini memang tidak ada aturan khusus kapan Anda diharuskan mengonsumsi cuka apel, tetapi beberapa orang biasanya minum cuka apel di pagi hari atau sebelum dan sesudah makan. Ini karena kadar asamnya yang tinggi. cara minum cuka apel yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk berkumur dengan air setelah meminum cuka apel untuk menghilangkan asam pada mulut Anda agar tidak merusak gigi.

Walaupun berkhasiat untuk kesehatan namun jangan langsung menjadikan cuka apel sebagai pengganti obat-obatan ya, anda tentu perlu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang memahaminya. Berikut cara minum cuka apel yang perlu anda perhatikan disamping beberapa hal yang sidah disebutkan diatas.

  1. Anda harus membatasi asupan cuka apel. 

Anda bisa memula mengkonsumsinya dari dosis yang kecil, maksimal 2 sendok (30ml) makan per hari atau tergantung toleransi tubuh masing-masing.

  1. Anda perlu menggunakan sedotan saat minum cuka apel

Hal ini  untuk mencegah kerusakan enamel lebih lanjut, sikat gigi setelah 30 menit mengonsumsi larutan cuka apel.

  1. Anda perlu menghindari sari cuka apel jika memiliki gastroparesis.

Hal ini karena kadarasamnya yang tinggi, maka anda perlu membatasi jumlahnya tak lebih dari satusendok teh (5 ml) saja dalam sehari.