5 Kebaikan Masker Madu untuk Kulit Muka

masker madu

Madu merupakan komoditas yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. beragam manfaat dari madu dapat membuat tubuh manusia terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Manfaat itu pula yang diberikan madu pada kulit muka kita.

Madu dapat digunakan sebagai masker, masker madu, untuk mengatasi beragam masalah kesehatan kulit muka maupun peremajaan kulit muka itu sendiri. Karena itu, secara lebih spesifik, tulisan ini akan membahas lebih dalam manfaat masker madu bagi kulit muka kita.

5 Kebaikan Masker Madu untuk Kulit Muka

Masker Madu sebagai Pelembap Kulit Muka

Madu sebagai bahan alami yang mengandung banyak protein dan gula bisa menyeimbangkan kelembapan kulit muka. Madu bekerja dengan cara menyerap udara yang ada di sekitar kulit muka untuk kemudian disalurkan ke permukaan muka. Kamu bisa langsung menerapkan madu pada wajah jika kamu ada di ruangan yang cukup lembap. Akan tetapi, jika udara di sekitarmu kering, kamu harus memadukan madu dengan beberapa bahan alami lainnya. Sebab, jika tidak, ditakutkan madu justru akan bekerja berkebalikan, menyerap kelembapan dari kulitmu.

Cara penggunaan masker madu untuk melembapkan kulit cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu yang dicampur dengan bahan alami ke sekujur kulit muka. Tunggu madu yang menyerap kelembapan udara meresap ke kulit mukamu selama 20—30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Dalam hal melembapkan, madu tidak hanya melembapkan kulit muka, tetapi juga kulit di bibir kamu.

masker madu

Masker Madu untuk Kulit Muka Berjerawat

Selain melembapkan kulit muka, masker madu juga berkhasiat mengatasi jerawat pada kulit muka. Zat antiinflamasi dan antibakteri pada madu dapat meredakan peradangan pada jerawat. Bahkan, madu dapat meredakan jerawat dalam satu malam saja.

Baca Juga :  Warna Lipstik Wardah yang Paling Dicari dan Paling Laris di 2019

Cara mengaplikasikannya hampir sama dengan penggunaannya untuk melembapkan kulit. Hanya saja, untuk mengatasi jerawat, kamu perlu mencampur madu dengan kunyit. Hal ini agar khasiat madu lebih efektif sebagai antiinflamasi.

Masker Madu untuk Mengatasi Infeksi Jamur

Manfaat lain dari masker madu adalah mengatasi infeksi jamur di kulit muka. Infeksi jamur yang dimaksud di sini adalah beragam penyakit kulit akibat jamur, seperti kadas, panu, atau kurap. Cara memanfaatkan madu untuk meredakan infeksi jamur adalah dengan megoleskannya sebanyak dua kali sehari pada bagian yang terkena infeksi.

masker madu

Masker Madu sebagai Exfoliator

Selanjutnya, masker madu dapat juga menjadi exfoliator alami. Exfoliator untuk kulit tidak selalu bertekstur kasar, dalam hal ini madu. Madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Sebab, madu memiliki kandungan enzim di dalamnya. Akan lebih maksimal lagi, jika madu dicampur dengan bahan lain sebagai scrub.

Untuk pemilik kulit kering bisa gunakan oat sebagai campuran madu agar lebih efektif untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Sementara, untuk pemilik kulit berminyak, dapat menggunakan garam sebagai bahan campuran. Aplikasikan campuran tersebut pada muka sambil memijat-mijat kulit muka. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air.

Masker Madu untuk Anti-aging

Terakhir, madu dapat menjadi krim peremajaan kulit muka. Vitamin, mineral, asam amino, hingga antioksidan di dalam madu dapat membuat madu menjadi bahan yang lebih efektif dari krim anti-aging mana pun untuk meremajakan kulit. Dengan mengaplikasikan madu pada kulit muka, kulit mukamu akan lebih segar dan jauh dari gejala penuaan seperti munculnya kerutan. Cara pengaplikasiannya juga mudah. Kamu cukup mengoles madu pada seluruh wajah, diamkan selama 15—30 menit. Kemudian, bilas dengan air. Gunakan ini setiap hari agar hasil lebih maksimal.

Baca Juga :  Ingin Kulit Wajah Kencang Alami? Ikuti 5 Tips Masker Alami ini!