Pembersih Komedo dan Penyebabnya

pembersih komedo

Wajah termasuk salah satu area sensitif.  Wajah biasanya juga tidak terlepas dari komedo.  Komedo merupakan benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Jenis jerawat yang tergolong ringan yang menyerang permukaan wajah itulah komedo. Sebenarnya komedo tidak hanya menyerang wajah saja, melainkan juga bisa muncul di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. Namun, komedo biasanya banyak menyerang pada bagian ujung hidung sehingga banyak orang yang rela melakukan perawatan untuk menghilangkan komedo tersebut.

Komedo sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain komedo terbuka, komedo tertutup, mikrokomedo, makrokomedo, komedo raksasa, dan komedo solar. Benjolan komedo ada yang terlihat dan ada juga yang tak terlihat kasat mata. Komedo pun tidak terasa sakit karena tidak terjadi inflamasi. Namun, komedo dapat menjadi masalah serius jika terlalu dipaksakan untuk mengeluarkannya. Penyebab komedo biasanya dikarenakan oleh sel kulit mati dan produksi minyak yang menumpuk pada ujung luar folikel kulit. Permukaan kulit yang terdapat di atas komedo terbuka lebar dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi nampak hitam. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya komedo antara lain sebagai berikut.

  • Bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit yang meningkat.
  • Sel kulit mati tidak rontok secara teratur karena adanya iritasi folikel rambut.
  • Meningkatnya produksi minyak yang diakibatkan oleh perubahan hormon, terutama pada saat remaja dan pada saat menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga memicu timbulnya komedo, misalnya steroid, atau pil KB.
  • Memakai produk dengan bahan kimia tertentu.
  • Memakan makanan tertentu yang dapat menimbulkan komedo.

Pengobatan komedo dapat dilakukan dengan melakukan perawatan, misalnya menggunkan pembersih komedo. Sekarang ini banyak yang menawarkan cara membersihkan komedo, mulai dari pembersih alami hingga pembersih dari dokter. Membersihkan komedo dengan cara alami diantaranya dapat melalui cara sebagai berikut.

  • Scrub yang dibuat sendiri di rumah
Baca Juga :  Nih, Rekomendasi Gemes Maskara Wardah dan Harganya!

Komedo biasanya diakibatkan oleh kulit yang berminyak dan berpori besar. Dalam hal ini, ada buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya, yaitu buah pala. Scrub dari biji pala sangat baik untuk mengontrol kadar minyak di wajah dan membuat kulit menjadi halus. Untuk hasil yang lebih maksimal bisa menggunakan susu murni agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.

  • Madu

Selain menggunakan scrub dari biji pala, madu bisa dijadikan sebagai masker. Kandungan yang dimiliki oleh madu dipercaya dapat emngangkat lemak di wajah yang memicu timbulnya komedo. Madu alami lebih dianjurkan untuk masker ini. Caranya cukup dioleskan pada bagian yang ada komedonya, kemudian diamkan beberapa menit agar kandungan madu dapat menyerap ke wajah. Bilas dengan air hangat jika selesai.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bagus dalam menutrisi kulit. Penerapannya pun cukup mudah yakni oleskan minyak zaitun ke wajah lalu keluarkan komedo dengan bantuan tangan kita. Namun, perlu diingat bahwa kita harus hati-hati dalam memencet komedo agar tidak merusak kulit. Setelah itu bisa dibilas dengan menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan wajah Anda.

Pembersih komedo sebenarnya juga bisa Anda dapakan di toko-toko kecantikan maupun toko online. Sebenarnya penyebab komedo, terutama di hidung, dapat muncul dari berbagai faktor. Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai apa saja faktor yang menyebabkan komedo merajalela di hidung,